SEMINAR ILMIAH ERA GLOBALISASI

Perkembangan Teknologi Informasi yang demikian pesatnya mendorong pula suatu inovasi dalam dunia pendidikan. Kegiatan belajar dan mengajar kini tidak hanya dilakukan secara konvensional, dengan adanya beragam pilihan teknologi pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran. Melalui komputer, pembelajaran yang disajikan akan lebih menarik, interaktif dan dapat dilakukan secara mandiri. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memposisikan siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Melalui internet, siswa dapat mengakses secara online referensi dari berbagai perpustakaan, ensiklopedia dan berbagai situs pembelajaran online lainnya.

Dengan adanya internet, akses informasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Beberapa pemanfaatan teknologi internet dalam kegiatan pembelajaran yakni e-learning dan online learning. Keduanya memanfaatkan internet dalam penerapannya sehingga siswa dapat belajar kapan dan dimana saja secara mandiri. Dengan internet, belajar juga dapat dilakukan secara bersama-sama layaknya belajar di kelas nyata. Belajar seperti ini disebut dengan kelas virtual, siswa berinteraksi dengan guru melalui kamera pada komputer yang telah terhubung dengan jaringan internet. Guru tidak perlu hadir di dalam kelas secara fisik, karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang sudah dipersiapkan secara online. Disamping itu, antar siswa juga dapat berinteraksi dengan siswa lainnya untuk berdiskusi melalui email, chatting dan sebagainya.

Pada dasarnya e-learning dan online learning sama-sama menggunakan komputer yang terhubung dengan jaringan internet dalam pemanfaatannya, namun dalam konsepnya e-learning berbeda dengan online learning.